Seperti yang sudah kita ketahui bersama, rumah adalah salah satu dari ketiga kebutuhan primer manusia yaitu papan. Namun semakin tingginya harga tanah dan rumah yang dijual akhir-akhir ini, menjadi penghambat masyarakat terutama menengah kebawah untuk memiliki rumah pribadi. Rumah subsidi dari pemerintah memberikan angin segar bagi mereka yang ingin memiliki rumah dengan harga terjangkau. Meskipun begitu, anda harus teliti sebelum membeli rumah subsidi. Simak beberapa tips memilih dan merenovasi rumah subsidi dalam artikel berikut ini.

Tips Memilih Rumah Subsidi

  1. Kunjungi Rumah Contoh di Lokasi

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum membeli rumah subsidi adalah mengunjungi lokasi proyek dan meninjau rumah subsidi. Biasanya, sebelum memasarkan, developer sudah memiliki 1 atau 2 bangunan contoh yang bisa dilihat oleh calon pembeli. Melakukan survey sebelum membeli akan meyakinkan anda apakah rumah tersebut nyaman anda huni atau tidak.

  1. Perhatikan Kualitas Bangunan

Saat mengunjungi contoh rumah di lokasi proyek, anda bisa memperhatikan kualitas bangunan dari contoh rumah tersebut. Anda harus memastikan bahwa rumah tersebut aman untuk dihuni. Meskipun murah, anda harus memastikan bangunan tetap memiliki kualitas baik untuk dihuni. Jika anda kurang mengerti mengenai bangunan, anda bisa mengajak orang yang berpengalaman atau paham tentang hal ini misalnya tukang atau arsitek.

  1. Perhatikan Lokasi dari Rumah Subsidi

Lokasi perumahan subsidi juga harus anda perhatikan. Pertimbangkan jarak lokasi rumah dengan tempat kerja anda. anda juga bisa mempertimbangkan fasilitas umum yang tersedia di dekat lokasi seperti halte, pom bensin, supermarket atau klinik kesehatan.

  1. Pelajari Detail Pembayaran

Sebelum membeli, anda juga harus memperhatikan detail pembayaran, menghitung angsuran dan tenornya dengan baik, pastikan semuanya sesuai dengan ketetapan pemerintah. Hal ini penting agar anda tidak tertipu ketika melakukan transaksi.

  1. Selidiki Developer

Hal ini mungkin sering dilupakan namun tidak boleh ketinggalan. Memastikan developer rumah subsidi anda adalah developer yang amanah adalah hal yang penting. Anda tidak mau tertipu dan uang anda dibawa lari bukan? Untuk itu penting untuk menyelidiki developer sebelum anda melakukan transaksi.

Tips Merenovasi Rumah Subsidi

Sebenarnya, rumah subsidi biasanya memiliki standar bangunan yang cukup untuk sebuah hunian. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang rumah subsidi memiliki kualitas kurang memuaskan pada beberapa bagian jika dibandingkan dengan rumah non subsidi. Ada baiknya setelah membeli rumah subsidi, anda melakukan renovasi untuk menambah kualitas rumah tinggal anda. berikut beberapa tips untuk merenovasi rumah subsidi.

  1. Renovasi Kualitas

Renovasi untuk tujuan peningkatan kualitas adalah hal yang paling penting. Karena kualitas bangunan akan menentukan keamanan dan kenyamanan penghuninya. Renovasi kualitas rumah subsidi bisa anda lakukan dengan mengganti pintu, menambah plafon atau mengganti keramik. Anda juga bisa mengganti cat dengan cat anti bocor agar rumah anda terbebas dari rembesan saat hujan.

  1. Renovasi Bagian Rumah

Rumah subsidi biasanya terdiri atas 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi serta dapur dan ruang tamu. Jika anda keluarga kecil, anda bisa merenovasi kamar tidur anda untuk menjadi ruang lain seperti ruang kerja. Rumah subsidi biasanya juga masih menyediakan halaman belakang, jika anda tidak memerlukan halaman belakang, anda bisa mengubahnya menjadi ruang cuci, ruang jemur atau kamar bermain anak.

  1. Renovasi Estetika

Renovasi estetika bisa anda lakukan untuk mempercantik rumah anda. rumah subsidi biasanya dijual dengan model dan warna yang sama pada satu kompleks perumahan. Anda bisa mengubah warna rumah, mengganti pagar, memplester garasi atau menambahkan plafon luar. Yang jelas, renovasi ini berguna untuk mempercantik rumah anda.

Nah itulah tadi artikel tentang beberapa tips sebelum membeli dan merenovasi rumah subsidi dari pemerintah. Semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat!

Penulis: Abi