Setiap orang berhak untuk tinggal dan hidup di rumah yang layak. Namun permasalahannya adalah, harga tanah dan rumah yang semakin melambung tinggi setiap harinya. Tidak semua orang memiliki uang untuk membeli rumah namun semua orang membutuhkan rumah karena termasuk kebutuhan primer. Hal ini membuat pemerintah membuat program rumah subsidi bagi warganya agar bisa tinggal di rumah yang layak. Pembeli rumah subsidi harus memenuhi beberapa syarat dari pemerintah. Namun terkadang banyak permohonan pembelian rumah subsidi yang tidak segera disetujui.

Berikut beberapa tips agar permohonan rumah subsidi anda disetujui dengan cepat.

Apa itu Rumah Subsidi?

Anda pasti sudah tidak asing dengan rumah subsidi? Meskipun sekilas, anda pasti sudah pernah mendengarnya. Rumah subsidi adalah salah satu program pemerintah yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR agar bisa membeli rumah. Program ini meliputi pemberian bantuan berupa dana murah jangka panjang dari bank pelaksana yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Anda juga bisa memilih bank pelaksana untuk membeli rumah subsidi, baik baik konvensional maupun bank syariah. Proses pembelian rumah subsidi seringkali dianggap sebagai proses yang sulit dan berbelit, padahal jika anda sudah memenuhi syarat yang diberikan, pembelian bukan sesuatu yang sulit. Berikut beberapa tips agar pembelian rumah subsidi anda disetujui dengan cepat.

Tips Agar Pembelian Rumah Subsidi Disetujui

  1. Penghasilan Pokok Tidak Melebihi Ketentuan

Tips pertama agar pembelian rumah subsidi anda mudah disetujui adalah lampiran penghasilan pokok anda tidak melebihi angka yang telah ditentukan. Pemohon haruslah masuk kedalam kategori MBR yang telah ditetapkan. Persyaratan ini mengharuskan pemohon rumah subsidi memiliki gaji pokok maksimal sebesar Rp 8.000.000 perbulan. Anda bisa melihat persyaratan lengkapnya dalam website resmi rumah subsidi.

  1. Tidak Memiliki Catatan Kredit Macet

Ketika membeli rumah subsidi, anda pasti akan melewati proses BI Checking yang akan memeriksa apakah anda memiliki kredit macet atau tidak. Proses ini dimaksudkan untuk memastikan anda bisa mengangsur dengan baik rumah subsidi anda nanti. Jika anda memiliki kredit macet, pembelian rumah subsidi anda pasti akan sulit disetujui.

  1. Belum Pernah Menerima Subsidi

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa rumah subsidi adalah program pemerintah untuk masyarakat yang ingin membeli rumah dengan harga terjangkau. Tentu pemerintah ingin program ini berjalan secara merata dan tidak ada double pembelian yang akan membuat orang lain kehilangan kesempatannya untuk membeli rumah. Untuk itu, terbitlah syarat bahwa pembeli rumah subsidi haruslah orang yang belum pernah mendapatkan subsidi untuk urusan rumah tinggal dari pemerintah. Jika semua syarat sudah dipenuhi namun ternyata anda sudah pernah mendapatkan subsidi, jangan harap permohonan anda disetujui ya.

  1. Hitungan Angsuran Tidak Melebihi Hitungan

Salah satu syarat untuk membeli rumah subsidi adalah dengan memiliki gaji tetap. Nah, ada syarat tambahan ketika anda melakukan pembelian rumah subsidi yaitu total angsuran anda tidak boleh melebihi sepertiga dari gaji tetap anda selama sebulan. Jika melebihi, permohonan pembelian rumah subsidi anda akan lebih sulit disetujui karena pihak penyedia takut anda tidak bisa memenuhi angsuran selanjutnya.

  1. Siapkan Dokumen yang Disyaratkan

Tips terakhir adalah dengan menyiapkan semua dokumen yang telah disyaratkan oleh pihak penyedia rumah subsidi. Meskipun sering dianggap mudah, persiapan dokumen ini justru yang paling sering membuat proses pembelian rumah menjadi lama. Orang-orang cenderung bolak balik mengurus dokumen persyaratan dibanding mengurusnya semua sekaligus dan menyiapkan sebelum melakukan pembelian. Jika semua dokumen lengkap dan sesuai, pembelian rumah subsidi anda juga pasti cepat disetujui.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang rumah subsidi dan tips agar pembelian rumah subsidi anda bisa disetujui dengan cepat. Semoga penjelasan diatas dapat membantu. Semoga bermanfaat!

Penulis: Abi