Rumah subsidi – Rumah merupakan kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh semua orang. Kebutuhan manusia sendiri secara pokok ada tiga yaitu sandang, pangan dan papan. Harga rumah yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, membuat banyak masyarakat Indonesia sulit untuk memperoleh tempat tinggal sendiri. Di satu sisi, meningkatnya harga rumah ini juga bisa dianggap sebagai salah satu instrumen investasi menguntungkan. Salah satu pilihan baik untuk investasi maupun untuk dimiliki sendiri, adalah dengan rumah bersubsidi.

 

Apa Pengertian Rumah Subsidi?

 

Apakah Anda pernah mendengar istilah rumah bersubsidi?. Pengertiannya sendiri adalah rumah yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau karena pembeli memperoleh kemudahan pengajuan KPR dengan bunga flat. Kenapa bunganya bisa flat ? Karena telah dibantu atau disubsidi oleh pemerintah serta kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR).

 

Solusi Bagi Kaum Milenial

 

Dengan semakin meningkatnya harga perumahan komersil yang semakin tidak terjangkau bagi kaum menengah, maka pilihan rumah subsidi jadi solusi bagi kaum milenial. Rumah subsidi tepat bagi mereka yang berpenghasilan rendah dengan pendapatan upah minimum regional atau UMR. Kemudahannya berupa harga yang murah, DP ringan, cicilan flat, serta bunga yang kecil akan memudahkan Anda memilikinya. Dibandingkan mengontrak atau kos, lebih baik mencicil rumah subsidi ini.

 

Lokasi

 

Pada umumnya, rumah bersubsidi dibangun di daerah urban yang cukup padat penduduk. Biasanya, para developer membangun di sekitar wilayah Bogor, Depok, Bekasi, atau Tangerang. Daerah ini menjadi tempat favorit bagi masyarakat yang sehari-hari melakukan aktivitas terutama di kota Jakarta. Kenapa rumah subsidi tidak ada di Jakarta?. Alasannya, karena harga tanah sudah sangat mahal dan tidak akan mampu dijangkau oleh developer apabila ingin membangun rumah subsidi.

 

Harga

 

Sesuai dengan namanya, maka rumah subsidi bisa dikatakan cukup murah untuk dimiliki. Biasanya, harganya berada di kisaran antara Rp. 140 juta sampai dengan Rp. 170 juta. Akan tetapi, banyak juga developer yang mematok harga mulai dari Rp. 190 juta sampai Rp. 250 juta, bagi rumah bersubsidi dengan kualitas baik dan setara dengan rumah komersial. Kenapa harga rumah bersubsidi sangat terjangkau? Salah satunya, karena pemerintah tidak memberikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) seperti pada rumah komersial.

 

Insentif lainnya yang akan diperoleh oleh para pembeli rumah bersubsidi yaitu bunga KPR yang rendah. Suku bunga yang rendah semakin menarik karena cicilannya yang juga flat dan dijamin pemerintah. Selain bunga KPR rendah dan cicilan flat, telornya juga bisa sangat panjang bahkan sampai 20 tahun. Untuk memperoleh rumah subsidi, Anda cukup melakukan daun payment mulai dari 5% sampai 10%. Tentu ini sangat menarik bukan?.

 

Ukuran

 

Dari segi ukuran, rumah bersubsidi memang tergolong masuk ke dalam Rumah Sangat Sederhana (RSS). Karena disebut sebagai rumah sederhana, tentu ukuran yang akan Anda dapatkan akan cukup kecil. Peraturan PUPR Nomor 242/KTPS/M/2020, luas bangunan rumahnya berada mulai dari 21 meter persegi sampai 27 meter persegi. Sementara untuk luasnya sendiri, biasanya sekitar 60 meter persegi. Akan tetapi, Anda bisa melakukan renovasi jika ingin diperluas bangunannya menjadi 30 meter hingga 32 meter tergantung denah yang ingin dibeli Anda.

 

Pertimbangan Rumah Subsidi

 

Dalam memilih rumah subsidi, ada sejumlah faktor yang harus Anda pertimbangkan. Berbagai pertimbangan mulai dari memperhatikan kualitas bangunan, lokasinya di mana, track record Developer, bagaimana metode pembayarannya, perlu Anda ketahui. Selain itu format akan lebih baik pula apabila Anda mendatangi langsung lokasi perumahannya agar mengetahui dengan jelas secara faktual kondisi yang sebenarnya.

 

Rekomendasi Rumah Subsidi

 

Dengan beberapa pertimbangan yang bagus, salah satu rekomendasi rumah subsidi yang cukup banyak dipertimbangkan sekarang ini yaitu gria indah Cibarusah. Lokasinya yang berada di wilayah Cikarang, Jawa Barat tentunya sangat strategis kedepannya karena memang dikenal sebagai salah satu wilayah industri. Pertumbuhan penduduk yang cukup pesat, juga bisa menjadi pertimbangan memulai usaha.

 

Jadi, sebagai salah satu rumah subsidi terbaik di wilayah Cikarang, Gria Indah Cibarusah menjadi salah satu jaminan investasi yang tepat. Harga properti yang cenderung terus menerus naik, menjadi kesempatan untuk Anda untuk segera memiliki hunian yang baik untuk investasi maupun ditempati.