Memiliki rumah pasti menjadi salah satu bucket list anda setelah dewasa, lebih lebih jika anda sudah memiliki keluarga. Apakah anda ingin memiliki rumah namun budget anda terbatas? Sepertinya mengajukan pembelian rumah subsidi bisa menjadi salah satu pilihan anda. apa sih rumah subsidi itu? Apa kelebihan dan kekurangan membeli rumah subsidi dari pemerintah? Simak selengkapnya di bawah ini. Check this out!

Pengertian Rumah Subsidi

Seperti namanya, rumah subsidi merupakan rumah dengan subsidi yang disediakan oleh pemerintah dalam rangka memberikan kesempatan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memiliki tempat tinggal yang layak. Subsidi yang diberikan pemerintah untuk rumah ini adalah pembebasan biaya pajak, tidak memberlakukan bunga tinggi untuk setiap angsuran dan pemberian suku bunga flat yang dijamin hingga angsuran berakhir. Pemerintah membangun rumah subsidi melalui Kementerian Pekerjaan Rumah dan Perumahan Rakyat dan bekerjasama dengan beberapa bank untuk pengajuan dan pembayarannya.

Semenjak diluncurkan hingga saat ini, rumah subsidi telah banyak dibangun mulai dari kawasan perkotaan sehingga di daerah terpencil. Sebelum anda memutuskan untuk mengajukan pembelian rumah subsidi, ada baiknya anda mengetahui kelebihan dan kekurangan rumah subsidi untuk menjadi pertimbangan keputusan anda.

Kelebihan Rumah Subsidi

  1. Harga Murah

Kelebihan pertama yang paling menarik dari rumah subsidi pastinya harganya yang murah. Rumah-rumah ini hanya dihargai dengan 150 juta rupiah hingga 200 juta rupiah. Harganya tentu beragam tergantung lokasi dan kebijakan wilayah masing-masing.

  1. Masa Angsuran Panjang dengan Cicilan Rendah

Kelebihan selanjutnya adalah cicilannya yang rendah serta masa angsuran yang lama yaitu maksimal 20 tahun. Angsurannya juga dipastikan tidak akan bertambah karena adanya kebijakan suku bunga flat. Hal ini karena cicilan dan masa angsuran telah ditetapkan dan dijamin oleh pemerintah.

  1. Uang Muka Rendah

Uang muka atau DP biasanya menjadi masalah terbesar bagi orang yang akan membeli rumah. DP yang besar diawal tentu memberatkan siapapun yang akan membeli rumah. Namun rumah subsidi sudah dipastikan rendah, yaitu berkisar 10% atau 15% dari harga rumah keseluruhan.

  1. Syarat Pengajuan Mudah

Syarat pengajuan rumah subsidi juga sangat mudah. Jika anda sudah memenuhi semua syarat dan dokumen yang diperlukan, pengajuan pembelian rumah subsidi anda dipastikan akan cepat diproses dan tidak berbelit.

Kekurangan Rumah Subsidi

  1. Lokasinya Kadang Tidak Strategis

Anda tentunya tahu bahwa rumah subsidi berharga murah bukan? Salah satu faktor yang membuatnya murah adalah, biasanya rumah subsidi dibangun di lahan yang sedikit jauh dari pusat kota. Kalaupun ada di dekat kota, pasti hanya sedikit. Mengapa? Karena semakin jauh dari pusat kota, harga tanah biasanya akan semakin murah. Oleh karena itu, sebelum membeli rumah subsidi sebaiknya anda mempertimbangkan jarak rumah anda dari tempat kerja dan fasilitas umum yang anda butuhkan. Anda juga bisa mempertimbngkan kawasan yang berpotensi menjadi tempat keramaian di masa mendatang.

  1. Kualitas Rumah yang Standar

Jika dibandingkan dengan rumah non subsidi, kualitas rumah subsidi tentu memiliki kualitas yang tidak lebih baik. Namun anda tidak perlu khawatir, karena bisa dipastikan jika rumah subsidi aman dan nyaman untuk dihuni. Sebelum membeli rumah subsidi, ada baiknya anda memperhatikan secara teliti kualitas rumah yang akan anda beli secara menyeluruh baik keadaan keramik, genteng, dinding hingga pintu dan perabot lainnya.

  1. Tidak Dapat Dipindahtangankan

Rumah subsidi memiliki ketentuan bahwa rumah tidak bisa dipindahtangankan setidaknya 5 tahun setelah kesepakatan pembelian rumah dilakukan. Untuk itulah rumah subsidi tidak bisa seenaknya dijual.

Nah itulah tadi penjelasan rumah subsidi serta kelebihan dan kekurangan membeli rumah subsidi. Semoga penjelasan diatas dapat menjadi pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk membeli rumah subsidi. Semoga bermanfaat!

Penulis: Abi